Selasa, 26 Februari 2013

Manfaat Pijat Bayi

          Pijat merupakan seni perawatan dan pengobatan yang telah dilakukan sejak berabad-abad silam. Pijat secara umum membantu menyeimbangkan energi dan mencegak penyakit. Siapapun memerlukan pemijatan termasuk bayi. Manfaat pijat bayi telah banyak dibuktikan secara medis.
          Bayi yang dipijat dengan baik dan teratur dapat tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih baik. Pijat bayi merupakan moment yang spesial bagi orang tua dan anak untuk menjalin komunikasi melalui cinta kasih. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Membantu Pencernaan
     Pijat akan merangsang saraf vagus, demikian temuan pendiri Touch Research Institute di Florida Dr. Tiffany Field. Saraf vagus memiliki banyak sekali fungsi, di antaranya meningkatkan daya peristalsis (gelombang kontraksi berirama di perut dan usus yang menggerakkan makanan melewati saluran pencernaan). Oleh karena itu pijat dapat menstimulasi dan membantu sistem pencernaan.

2. Menguatkan Otot
     Pijatan terhadap bayi sangat bagus untuk menguatkan otot bayi.

3. Membantu Pertumbuhan
     Pertumbuhan bayi seperti berat badan akan lebih baik dengan memijat bayi. Bahkan, untuk bayi prematur, berat badan bisa bertambah hingga 47% dibanding jika tidak dipijat. Hal ini terungkap menurut beberapa penelitian para ahli.

4. Membuat Bayi Lebih Tenang
     Pijat bayi akan membuat bayi merasa rileks. Hal ini dapat membuat dia bisa tidur lelap lebih lama dan tenang.

5. Pernyataan Kasih Sayang
     Kasih sayang merupakan hal yang penting bagi pertumbuhan bayi. Sentuhan hangat dari tangan dan jari bisa membuat bayi merasakan pernyataan kasih sayank orang tia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar